Header Ads

10 Makanan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh – Sangatlah penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh kita tetap kuat dan sehat karena ini adalah salah satu kunci penting untuk mempunyai tubuh yang sehat. Dan untungnya, melakukan hal ini lebih mudah dari yang kita bayangkan.


Sistem imunitas atau kekebalan tubuh adalah sistem organ, sel dan protein yang kompleks yang bekerja sama membantu melindungi kita dari serangan benda asing seperti virus, bakteri, jamur dan zat asing lainnya yang mungkin masuk ke dalam tubuh kita setelah kita bersentuhan dengannya. Kita sangat jarang memikirkannya sampai kita terserang deman atau saat harus sakit karena terserang infeksi yang serius.

Ada beberapa cara untuk tetap menjaga sistem imunitas tubuh kita tetap kuat dan sehat, diantaranya :
  • Tidak merokok ataupun menjadi perokok pasif
  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Berolahraga secara teratur
  • Tidur secukupnya
  • Sedapat mungkin mengurangi stres
  • Mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh
  • Memasak daging, ikan dan unggas hingga matang sebelum dimakan
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

MAKANAN TERBAIK UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

Kebanyakan buah-buahan dan sayuran dan juga makanan lain yang berasal dari tanaman dapat meningkatkan sistem imunitas tetapi beberapa jenis lebih baik dari yang lain. Beberapa makanan peningkat sistem imunitas tubuh terbaik adalah :

BIT

Buah bit ini kaya dengan mineral seng yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Bit dan sayuran hijau lain merupakan makanan yang bagus untuk diet. Bit juga kaya akan zat preboitik, makanan yang dimakan oleh probiotik atau mikroba baik mempunyai manfaat bagi usus kita. Dengan mengkonsumsi bit lebih banyak berarti kita memberi asupan makanan sehat bagi bakteri serta mikroba baik yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan kita. Tambahkan bit pada jus segar, parut dan tambahkan pada salad dan roti lapis atau bisa juga dipanggang dan langsung dinikmati.

BLUEBERRY

Bluberry bukan saja enak tetapi buah ini juga kaya akan nutrisi yaitu flavonoid yang memberikan warna yang bagus dan rasa yang enak pada buah ini. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition menunjukkan bahwa flavinoid meningkatkan sistem imunitas tubuh. Makanlah bluberry segar tanpa tambahan apa-apa atau tambahkan pada salad atau smoothies. Bluberry beku yang telah mulai mencair akan terasa seperti sorbet dan sangat enak untuk makan penutup.

BUAH SITRUS

Grapefruit, lemon, jeruk nipis, jeruk dan buah sitrus lain adalah sumber vitamin C terbaik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Buah-buahan ini adalah pilihan terbaik yang harus dimasukkan dalam daftar diet harian kita. Buatlah jus atau tambahkan mereka pada salad atau saus salad atau juga dapat dimakan sebagai camilan segar.

BIJI RAMI DAN MINYAK RAMI

Biji rami dan minyak rami mengandung sangat banyak asam lemak penting seperti Omega 3 yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita serta dapat membuatnya berfungsi dengan baik dan teratur. Tambahkan biji rami atau minyak rami pada smoothie atau tambahkan sedikit minyak rami dan garam laut (sea salt) pada sayuran yang telah dimasak.

BAWANG PUTIH

Bawang putih kaya akan allicin yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas. Bawang putih juga membantu dalam pencegahan pilek dan influenza karena bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Memasak bawang putih dapat mengurangi manfaatnya tetapi bawang putih mentah maupun matang sebaiknya ditambahkan dalam menu makanan setiap hari. Tambahkan beberapa siung bawang putih kedalam sup, rebusan dan makanan harian Anda dan tentu saja kombinasikan dengan kacang-kacangan, jus lemon, minyal zaitun serta berikan tambahan rasa asin dari garam pada makanan Anda.

KEFIR

Kefir adalah minuman sejenis yogurt tetapi lebih ringan. Kefir berasal dari bahasa Turki yaitu Keif yang berarti perasaan baik. Mungkin karena maknanya adalah mari kita hadapi, kita akan merasa lebih baik ketika kita tidak sakit. Kefir mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh karena adalnya kandungan berbagai strain bakteri menguntungkan di dalamnya. Pastikan kefir yang Anda pilih mengandung bakterik hidup.

KIMCHI

Kimchi adalah makanan khas dari Korea berupa kondimen pedas yang menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicine Food mempunyai manfaat untuk meningkatksn imunitas tubuh.

BIJI LABU

Biji labu mengandung banyak lemak Omega 3 yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Bersama dengan mineral penting lain seperti seng, Omega 3 sangat penting untuk kesehatan imunitas, karena itu sangat baik jika memasukkan biji labu dalam daftar makanan diet Anda. Taruhlah biji labu diatas salad Anda, giling dan tambahkan pada tepung yang Anda gunakan untuk membuat kue atau makanlah biji labu sebagai kudapan.

KACANG KENARI

Kacang kenari mentah dan tanpa garam kaya akan lemak asam Omega 3 yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda tidak suka akan rasa kacang kenari, saya sarankan Anda mencoba kacang kenari mentah dan tanpa garam yang dijual oleh toko makanan kesehatan daripada yang dijual di toko kelontong. Rasa pahit pada kacang kenari biasanya menandakan bahwa kacang sudah tengik. Kacang kenari segar memiliki rasa seperti mentega dan tentu saja lezat.

YOGURT

Yoghurt biasa dan yogurt vegetarian mengandung bakteri menguntungkan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan kita, sehingga dapat juga meningkatkan kesehatan sistem imunitas tubuh. Pastikan yogurt yang dikonsumsi mengandung bakteri hidup.

Penulis : Dr. Michelle Schoffro Cook,PhD, DMN

Cara Belanja di web ini synergyindonesia.info pusatdetoxsynergy.com

Silahkan pesan item ini dengan menghubungi Contact yang tertera di sidebar kanan (untuk device mobile ada di bagian bawah), harap disertakannama paket atau produk . Barang dikirimkan hari itu juga setelah transaksi jika masih di bawah pk.16.00 wib jika terlewat akan dikirim sehari setelah transaksi selesai. Atau silahkan pesan langsung via tombol Whatapps dan SMS di bawah ini. Admin akan langsung merespond pesanan Anda.

Pesan Sekarang SMS Sekarang

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.